Syarat dan Ketentuan Privasi

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan aplikasi online Kargo (Aplikasi) dan/atau Website
www.kargo.co.id, maka anda dianggap telah membaca dan menyetujui semua isi dalam Syarat & ketentuan.
Pengguna tunduk sepenuhnya pada Syarat & ketentuan yang dibuat oleh Kargo.

Definisi 

  1. Kargo adalah PT Kargo Online System, badan hukum yang didirikan berdasarkan hukum negara Republik Indonesia. 
  2. Penyedia Jasa (Vendor) adalah orang perseorangan atau badan hukum yang terhubung dengan penggunaan Kargo, atau menggunakan Kargo agar Pengguna dapat menggunakan setiap jasa yang dia tawarkan. 
  3. Layanan Kargo adalah kombinasi kode yang diberikan untuk mendapatkan akses terhadap jasa yang ditawarkan oleh Kargo. Kode ini terdiri dari nama akun pada Website Kargo Website Kargo dan/atau Aplikasi dan kode sandi yang terasosiasi dengan alamat email dan nomor telepon, serta tanda tangan elektronik. 
  4. Jasa-Jasa adalah jasa pengangkutan yang diberikan oleh Penyedia Jasa (Vendor). 
  5. Pengguna adalah orang perseorangan dan/atau Badan Hukum dan/atau Badan Usaha yang telah melakukan permohonan untuk mendapatkan Kargo. 
  6. Ketentuan adalah Ketentuan Penggunaan Kargo ini. 
  7. Website KargoWebsite Kargo adalah www.kargo.co.id 
  8. Aplikasi adalah aplikasi di telepon mobil yang digunakan untuk mengakses dan menggunakan Layanan Kargo. 

  

Penggunaan & Jasa dan Hubungan antara Kargo dengan Pengguna 

  1. Ketentuan ini merujuk pada segala persyaratan dan ketentuan bagi Pengguna untuk menggunakan Layanan Kargo. Kargo dapat memberitahukan Pengguna dalam hal terdapat ketentuan tambahan. 
  2. Sebelum Pengguna dapat menggunakan Layanan Kargo, Pengguna harus menyetujui Ketentuan  Penggunaan ini. 
  3. Kargo melakuan otentifikasi Pengguna melalui Layanan Kargo. 
  4. Pengguna hanya mendapatkan Layanan Kargo setelah melakukan permohonan aplikasi Layanan Kargo dan setelah mendaftar menjadi anggota pada Kargo melalui Website Kargo ataupun Aplikasi. 
  5. Pengguna yang telah mendaftar akan bertindak sebagai: 
    • Pengguna 
    • Vendor 
  6. Tata cara aktivasi dikirimkan melalui surat elektronik dan teks elektronik (sms) ke alamat email dan nomor ponsel yang didaftarkan oleh Pengguna. 
  7. Setelah mendapatkan akses terhadap Layanan Kargo, Pengguna dapat mengakses Jasa-Jasa yang ditawarkan oleh Vendor. Pengguna mengakui bahwa setiap hubungan perdata dan hubungan hukum yang timbul dengan Vendor adalah hubungan perdata dan hubungan hukum antara Pengguna dan Vendor tersebut saja,  dimana Kargo bukanlah pihak didalamnya dan dengan demikian Pengguna setuju bahwa Kargo tidak memiliki manfaat hukum maupun bentuk tanggung jawab hukum dalam bentuk apapun sehubungan dengan hubungan perdata dan hubungan hukum antara Pengguna dan Vendor tersebut. 
  8. Setiap informasi yang terkandung di dalam Website Kargo dan/atau Aplikasi adalah informasi yang dijamin kerahasiannya karena merupakan data pribadi. Oleh karena itu, Pengguna mengakui bahwa Layanan Kargo bersifat rahasia. 
  9. Pengguna menjamin bahwa nomor telepon dan alamat surat elektronik yang disampaikan kepada Kargo adalah benar berada di dalam penguasaan Pengguna. 
  10. Pengguna berhak untuk mengubah nomor telepon dan alamat surat elektronik, sepanjang sesuai dengan Pasal 2 ayat 9 di atas. 
  11. Jika Pengguna kehilangan kata sandi, Pengguna dapat melakukan permohonan untuk mengulang penerimaan kata sandi (reset), sesuai dengan prosedur yang diatur oleh Kargo. 
  12. Apabila terdapat dugaan penyalahgunaan Webiste Kargo dan/atau Aplikasi, Kargo dapat membekukan Pengguna dan melarang penggunaan Website Kargo dan/atau Aplikasi. 

  

Ketentuan Kerahasiaan Data Pribadi 

  1. Setiap data pribadi yang diberikan oleh Pengguna digunakan oleh Kargo untuk kepentingan verifikasi identitas pada saat penggunaan Layanan Kargo, Website Kargo dan/atau Aplikasi, atau untuk memantau penyalahgunaan Website Kargo. 
  2. Setiap data pribadi yang dipelihara oleh Kargo dilindungi dan tunduk kepada UU Administrasi Kependudukan (untuk orang perseorangan) atau UU di bidang perusahaan, termasuk namun tidak terbatas kepada UU Perseroan Terbatas, UU Wajib Daftar Perusahaan, dan Kitab UU Hukum Dagang (untuk perusahaan). 
  3. Pengguna bertanggung jawab untuk menentukan kelengkapan dan keakuratan data yang diberikan oleh Pengguna. 
  4. Setiap data dan informasi tidak akan diberikan kepada pihak ketiga, kecuali apabila merupakan hal yang diperbolehkan oleh peraturan perundang-undangan, atau untuk mendukung kegiatan usaha Kargo, atau atas persetujuan dari Pengguna sendiri. 

  

Keamanan 

  1. Kargo telah melakukan segala langkah keamanan yang dilakukan untuk memastikan keamanan data, baik secara teknis, organisasi, maupun operasional. 
  2. Kargo dapat memutus akses ke Layanan Kargo untuk sementara jika ada dugaan kebocoran atau pelanggaran keamanan. 
  3. Jika dimungkinkan, dalam hal terjadi kebocoran atau pelanggaran, Kargo akan memberitahu Pengguna melalui Website Kargo mengenai langkah-langkah yang akan atau telah dilakukan. 
  4. Apabila Pengguna merasa ada kebocoran atau pelanggaran, Pengguna wajib melaporkan kepada Kargo, dan Kargo akan segera mem-blokir sementara akses ke Website Kargo dan/atau Aplikasi yang bersangkutan dengan segera. 

  

Perbaikan 

  1. Tanpa pemberitahuan sebelumnya, Kargo dapat memutus akses ke Website Kargo dan/atau Aplikasi secara sementara untuk memperbaiki dan mengelola Website Kargo dan/atau Aplikasi. 
  2. Kargo berjanji bahwa setiap tindakan perbaikan dilakukan di waktu-waktu tertentu ketika Website Kargo dan/atau Aplikasi jarang digunakan. 

  

Berakhirnya penggunaan Website Kargo dan/atau Aplikasi 

  1. Kargo berhak mengakhiri atau mem-blokir akses ke Webiste Kargo dan/atau Aplikasi kapanpun, atau sesuai kesepakatan. 
  2. Kargo wajib memberikan alasan pengakhiran atau pemblokiran tersebut. 
  3. Pengguna menerima risiko bahwa informasi dan data yang tersimpan di Website Kargo dan/atau Aplikasi tidak akan dapat diakses lagi oleh Pengguna, dalam hal akses Pengguna terhadap Kargo Website dan/atau Aplikasi sudah diakhiri atau diblokir. 

  

Pertanggungjawaban 

Kargo tidak bertanggung jawab atas segala bentuk perikatan yang timbul antara Pengguna dengan pihak ketiga lainnya, baik yang direferensikan oleh Kargo maupun tidak, baik untuk pelaksanaan pekerjaan yang melibatkan Kargo secara langsung maupun tidak langsung. Kewajiban Kargo kepada Pengguna terbatas pada penyediaan Layanan Kargo kepada Pengguna saja. 

  

Keluhan dan Pertanyaan 

  1. Keluhan dan pertanyaan Pengguna akan dilayani melalui layanan “Customer Service” yang tersedia pada Website Kargo. 
  2. Jam operasional Customer Service adalah dari pukul 08:00 WIB hingga 17:00 WIB pada hari kerja. Untuk hari Sabtu, jam operasional Customer Service adalah dari pukul 09:00 WIB hingga 14:00 WIB. Pelayanan Customer Service diluar dari jam-jam operasional tersebut dapat dilakukan melalui email ke cs@kargo.co.id. 
  3. Keluhan disampaikan oleh Pengguna ke Kargo selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kalender setelah insiden. Pengguna mengakui bahwa keluhan yang disampaikan melewati batas waktu tersebut dapat tidak dilayani oleh Kargo. 

  

Kekayaan Intelektual 

  1. Kargo memegang semua hak kekayaan intelektual yang terkait dengan Kargo dan/atau Aplikasi, termasuk hak cipta, hak merek, paten, dan kekayaan intelektual lain yang terkandung di dalamnya. 
  2. Setiap orang dilarang untuk menggunakan Kekayaan Intelektual terkait dengan Website Kargo dan/atau Aplikasi, kecuali atas persetujuan Kargo. 

  

Perubahan Ketentuan 

  1. Kargo berhak untuk mengubah Ketentuan ini kapanpun. Setiap Pengguna berhak untuk mengetahui setiap perubahan dan menyetujui perubahan tersebut. 
  2. Kargo memastikan bahwa Ketentuan ini dapat diakses kapanpun oleh Pengguna sepanjang membuka Website Kargo. 

Pembatalan 

  1. Jika terjadi pembatalan sebelum proses pengambilan barang dan pembayaran telah dilakukan, maka pembayaran yang telah dilakukan oleh Pengguna dan telah terdaftar dalam sistem Kargo, akan dikembalikan sejumlah 100% dari yang telah diberikan kepada pihak Kargo. 
  2. Jika terjadi pembatalan setelah atau pada saat proses pengambilan barang dan pembayaran telah dilakukan, maka pembayaran tidak dapat dikembalikan oleh pihak Kargo. 
  3. Jika terjadi pembatalan yang diakibatkan oleh kesalahan Pengguna dalam memberikan informasi, baik yang disengaja maupun yang tidak, dan pembayaran telah dilakukan, maka pembayaran tidak dapat dikembalikan oleh pihak Kargo. 

 

Pembatasan Hak & Kewajiban 

  1. Jika terjadi kejadian tak terduga, termasuk data breach atau security breach, selama proses yang mengakibatkan kerugian yang akan diderita oleh pengguna, maka pengguna tidak bisa meminta pertanggungjawaban Kargo. 
  2. Pihak Kargo tidak bertanggung jawab dalam bentuk apapun terkait dengan kerusakan/kehilangan/kerugian yang terjadi dalam bentuk apapun selama proses berlangsung. 
  3. Kargo berkedudukan hanya sebagai penyedia layanan dan bukan menjadi penanggungjawab teknis, dan juga bukan sebagai penyelenggara kegiatan logistic. 

 

Pembayaran 

  1. Pembayaran yang dilakukan hanya dapat dilakukan dengan pilihan yang disediakan Kargo. 
  2. Bukti pembayaran atau informasi tambahan dari pengguna wajib diberikan kepada Kargo melalui layanan "Unggah Bukti" yang tersedia pada Website Kargo dan/atau Aplikasi. 
  3. Pengembalian pembayaran akan dilakukan jika telah melalui proses konfirmasi kepada Pengguna, dan tunduk pada ketentuan lain dalam Ketentuan Penggunaan ini 

 

Pengambilan Barang 

  1. Pengambilan barang akan dilakukan minimal H+1 (24 jam)  setelah Pengguna melakukan proses order pada layanan secara benar melalui Website Kargo ataupun melalui Aplikasi. Segala bentuk proses order yang dilakukan oleh Pengguna diluar dari Website Kargo dan/atau Aplikasi adalah tidak sah. 
  2. Pemberitahuan harga akan diberitahukan kepada pengguna paling lama 2 jam terhitung setelah pengguna mendapat verifikasi dari Kargo. 

 

Asuransi 

Pengguna diwajibkan untuk menggunakan jasa asuransi untuk barangnya. Dalam hal Pengguna memilih Kargo untuk memberikan asuransi atas barang Pengguna, Pengguna akan dikenakan biaya tambahan asuransi oleh Kargo untuk batasan cakupan asuransi tersebut. Dalam hal demikian, Kargo berhak untuk menentukan penyedia asuransi sendiri.  

 

Penyalahgunaan Penggunaan Website Kargo dan/atau Aplikasi 

  1. Penggunaan Website Kargo dan/atau Aplikasi hanya untuk tujuan yang dimaksud oleh Kargo.  
  2. Pengguna dilarang untuk mengggunakan Website Kargo dan/atau Aplikasi untuk tujuan yang menyebabkan terganggunya kenyamanan pihak lain. 
  3. Setiap orang yang masuk Website Kargo dan/atau Aplikasi dilarang untuk mengubah, mengganti, memodifikasi atau melakukan kegiatan yang dapat membahayakan Website Kargo dan/atau Aplikasi dengan cara apapun, baik yang berdampak permanen maupun sementara. 

Dalam hal terdapat indikasi bentuk penyalahgunaan Website Kargo dan/atau Aplikasi oleh siapapun, pihak Kargo berhak untuk memprosesnya secara hukum.  

 

Barang Yang Dilarang  

Pengguna mengakui dan setuju bahwa dalam menggunakan Layanan Kargo, Website Kargo dan/atau Aplikasi, Pengguna tidak akan melakukan pengiriman barang yang diidentifkasi sebagai barang berbahaya dan/atau barang yang dilarang, yang antara lain adalah: 

 

  1. Uang (koin, uang tunai dalam rupiah dan/atau mata uang asing lainnya), surat berharga (cheque, giro, obligasi, saham, sertifikat). 
  2. Narkotika, ganja, morphin dan obat-obat atau zat-zat yang dianggap sebagai benda terlarang lainnya. 
  3. Barang cetakan, rekaman atau barang-barang lainnya yang bertentangan dengan nilai kesusilaan dan dapat mengganggu stabilitas keamanan dan ketertiban umum. 
  4. Barang yang waktu hidupnya kurang dari transit time pengiriman yang diperkirakan. 
  5. Makhluk hidup (binatang dan tumbuhan) 
  6. Barang dalam kategori berbahaya, beracun dan barang-barang kimia yang mudah meledak atau terbakar. 
  7. Alkohol dan minuman beralkohol. 
  8. Kiriman dalam bentuk cair lainnya kecuali dikemas dengan baik dan benar (dengan melampirkan MSDS (Material Safety Data Sheet) dan surat pernyataan barang berbahaya dari Pelanggan). 
  9. Barang yang mudah meledak, senjata dan bagian-bagiannya. 
  10. Peralatan judi dan tiket lotere. 
  11. Barang-barang yang dikategorikan dalam pengawasan pemerintah. 
  12. Barang-barang yang terbuat dari bahan gelas dan barang pecah belah (kecuali dikemas dengan baik dan memenuhi standar pengemasan serta bertanda ”Fragile”). 

 

Dalam hal Pengguna melanggar ketentuan ini, Pengguna mengakui dan setuju untuk bertanggung jawab penuh dalam hal timbulnya konsekuensi hukum, dan setuju untuk melepaskan Kargo dari segala bentuk pertanggungjawaban hukum. Pengguna juga setuju bahwa Kargo memiliki hak penuh untuk menindaklanjuti pelanggaran ini melalui jalur hukum. 

 

Hukum yang Mengatur dan Sengketa 

Terhadap Ketentuan penggunaan ini  berlaku hukum negara Republik Indonesia. 

Segala bentuk sengketa yang timbul sehubungan dengan pelaksanaan atau interpretasi Ketentuan Penggunaan ini akan diselesaikan melalui Pengadilan Jakarta Pusat selaku pengadilan yang memiliki jurisdiksi atas Ketentuan Penggunaan ini. 

Panduan

Manfaat

Platform Logistik Online
no #1 di Indonesia

Manfaat Logistik Online

Cara Pakai

Petunjuk cek harga, cara bayar hingga pengiriman barang

Cara Pakai

Info Truk

Pelajari kapasitas truk, jenis truk, dimensi, ukuran, berat, dan kelebihannya

Jenis Kapasitas Truk

Menjadi Mitra

Anda perusahaan logistik dengan izin lengkap?

Vendor Trucking

Layanan Bisnis

Kebutuhan tender logistik online, proyek, pengiriman rutin, antar gudang

Pemilik Truk

Ingin mencari muatan online dan bergabung menjadi mitra

Aplikasi Logistik

Download aplikasi android   

Cek Tarif dan Resi