Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil dan Truk Bekas Maupun Baru

Surat perjanjian jual beli mobil dan truk adalah salah satu alat paling penting dalam melakukan transaksi jual beli. Selain sebagai syarat formal hukum di Indonesia, surat jual beli mobil juga dapat dijadikan sebagai kwitansi tanda bukti pengesahan bahwa pihak pertama telah memberikan mobil tersebut kepada pihak kedua selaku pembeli. Sehingga, diharapkan tidak akan ada kesalahpahaman antara kedua belah pihak yang terlibat.

Lalu, seperti apa sih contoh surat perjanjian jual beli mobil dan truk bekas maupun baru yang baik dan benar?

Sebelum Anda masuk lebih jauh lagi, alangkah baiknya untuk mengerti lebih dalam lagi tentang apa sih sebenarnya fungsi dan manfaat akta jual beli mobil tersebut bagi penjual maupun pembeli.

Kenapa harus mengerti fungsinya terlebih dahulu? Karena, tanpa mengerti fungsinya secara detail, Anda tidak akan tahu lebih jauh tentang apa yang sebenarnya harus ditulis dalam surat perjanjian jual beli mobil dan truk


5 Fungsi Surat Perjanjian Jual Beli Mobil dan Truk

Berikut ini adalah 5 fungsi/manfaat akta jual beli mobil dan truk yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan melakukan transaksi.

  1. Memastikan pihak pertama dalam surat adalah pemilik dari mobil yang diperjualbelikan.
  2. Memastikan adanya metode pembayaran yang baik dan benar sehingga tidak akan ada penipuan dalam transaksi jual beli mobil dan truk.
  3. Memastikan bahwa spesifikasi dan kondisi mobil sesuai dengan kesepatan yang telah diketahui bersama (pihak penjual dan pihak pembeli).
  4. Memastikan agar penjual benar-benar melakukan pemindahan tangan mobil dan truk yang dijual kepada pihak pembeli secara legal.
  5. Memastikan tidak ada komplain yang berada di luar kesepakatan yang telah ditulis.

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil dan Truk

Setelah Anda mengetahui dengan detail apa sebenarnya fungsi dari surat ini, kini saatnya Anda sebagai penjual maupun pembeli memahami dengan benar apa yang sebenarnya harus dituangkan di dalam surat perjanjian ini.

pembuka surat perjanjian jual beli mobil


Jual Mobil ke Luar Pulau
Bingung Kirimnya?
Klik tombol di bawah ini dan dapatkan jasa kirim mobil paling aman



isi surat perjanjian jual beli mobil

penutup surat perjanjian jual beli mobil

Klik untuk download surat perjanjian jual beli mobil dan truk dalam format .docx dan rubah sendiri sesuai keinginan Anda

Surat perjanjian tersebut di atas merupakan copy yang secara legal diterima oleh hukum di Indonesia. Jadi, Anda dapat gunakan template surat tersebut dengan menekan klik tombol download di atas untuk mendapatkan versi Microsoft Word-nya.

Sudah jelas, kan? Apa saja yang perlu dituangkan dalam setiap pasal dalam surat perjanjian jual beli mobil dan truk bekas maupun baru. Semuanya adalah hasil penjabaran yang ditulis dalam bentuk pasal agar antara kedua belah lebih jelas tentang bagaimana kesepatan yang telah disepakati.

Melalui surat ini, kedua belah pihak tidak akan bisa melakukan klaim yang merugikan satu sama lain.

Pertanyaannya sekarang, kapan sih surat tersebut diperlukan? Apakah semua jenis mobil perlu melakukan transaksi secara resmi menggunakan surat seperti tersebut di atas?

Tentu tidak, ada beberapa spesifikasi khusus yang mewajibkan penjual dan pembeli mengeluarkan surat perjanjian yang harus disetujui bersama.


Apa Saja Syarat Formal Penggunaan Surat Perjanjian Jual Beli Mobil dan Truk?

Berikut ini adalah jawabannya:

  • Nilai jual beli transaksi yang cukup besar, dan dikhawatirkan akan sangat merugikan apabila ada kecurangan.
  • Pelunasan dilakukan secara bertahap (non tunai).
  • Mengurangi resiko perselisihan antara kedua belah pihak yang ikut dalam transaksi.
  • Sebagai barang bukti transaksi telah dilakukan yang terbukti secara hukum.

 

Jasa Logistik Online

Susah mencari jasa pindahan, sewa truk, kirim motor atau kirim barang ukuran besar?

Anda dapat mencari di www.kargo.co.id:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *