Cara Cepat Jual Mobil dan Truk Bekas dengan Harga Tinggi

Mobil dan truk adalah kendaraan yang memiliki tingkat persaingan yang cukup tinggi bagi produsen kendaraan, seperti Daihatsu, Toyota, Mercedes-Benz dan lainnya. Hal ini dapat dilihat dari gencarnya inovasi mobil dan truk baru yang mereka luncurkan pada waktu yang cukup berdekatan.

Kondisi launching mobil baru dengan desain dan tampilan yang menarik inilah yang sering membuat kita dilema dengan pertanyaan seperti ini di kepala, “pengen beli mobil baru itu tapi harganya mahal dan sekarang saya sudah punya mobil”. Bahkan, untuk sekelas pemilik truk-pun kondisi ini tetap sama, terutama jika ada peluncuran truk baru yang memiliki performa jauh lebih bagus daripada truk yang sudah dimilikinya sekarang.

Salah satu alternatif terbaiknya agar dapat mendapatkan kendaraan baru tersebut adalah dengan cara menjual mobil dan truk bekas tersebut terlebih dahulu kepada dealer atau perseorangan dengan harga yang masih cukup tinggi. Namun, pertanyaannya adalah…

…bagaimana cara menjual mobil dan truk bekas dengan harga yang tinggi?

cara jual mobil dan truk

Oleh sebab itulah, kami disini ingin memberikan rangkuman berupa tips menjual mobil dan truk bekas agar cepat laku dengan harga yang masih normal, bahkan dapat dibilang tinggi. Jadi, silahkan lanjutkan membaca rangkuman berikut ini. Tentang saja, tips ini disajikan untuk Anda yang tidak memiliki keahlian dalam strategi marketing menjual kendaraan sehingga mudah untuk dipelajari.

1. Periksa dan Pastikan Seluruh Kondisi dalam Keadaan Baik

Hal paling penting dalam menjual mobil dan truk adalah memastikan seluruh bagian mobil dalam keadaaan baik dan tidak kurang suatu apapun, baik itu body ataupun mesin. Mulai dari cat, rem, kaca, jok, dan yang lainnya. Terutama, pada bagian kaki-kaki truk. Karena, truk adalah kendaraan yang diperuntukkan untuk membawa beban yang berat. Jadi, kaki-kakinya memiliki peranan yang sangat penting.

Tujuannya adalah agar calon pembeli merasa bahwa senang bahwa Anda sangat memperhatikan kondisi mobil dan truk ini dalam keadaan yang selalu baik dan tidak pernah memiliki kerusakan sedikitpun.

Tapi, tidak punya waktu dan kemampuan untuk melakukan pemeriksaan seluruh body dan mesin mobil yang ingin dijual? Jangan khawatir, ada banyak sekali dealer atau bengkel yang Anda mintai pertolongan untuk mengecek mobil Anda. Harganya-pun tidak terlalu mahal. Lagipula, ini dilakukan agar mobil dan truk Anda laku cepat dengan harga yang tinggi.

Pengecekan ini akan menjadi sangat penting jika kendaraan Anda bekas digunakan untuk dijadikan sebagai penyewaan mobil atau penyewaan truk.

2. Pastikan Tidak Ada Surat Legalitas yang Kurang

Terlihat simpel dan mainstream? Jangan salah sangka terlebih dahulu. Nyatanya, sekarang ini banyak sekali penjual mobil dan truk yang melupakan kelengkapan legalitas surat kendaraan yang ingin dijual olehnya. Jadi, pastikan Anda tidak pernah melupakan tentang yang ini yaitu STNK, BPKB, dan surat perjanjian jual beli mobil dan truk.

Kirim Mobil ke Luar Kota Lebih Mudah dengan Sekali Klik! Mau?

3. Cari Tahu Harga Mobil dan Truk Anda di Pasaran

Menjual mobil dan truk tidak semudah menjual barang elektronik lainnya seperti smartphone, tablet ataupun laptop. Pastikan Anda mengetahui terlebih dahulu harganya di pasar melalui situs-situs yang sekarang ini banyak tersedia di internet.

Jangan pernah menetapkan harga mobil Honda bekas Anda seharga 80juta rupiah, atau harga truk Mitsubishi bekas Anda seharga 200juta rupiah jika belum pernah melakukan riset terhadap harga pasar kendaraan tersebut atau Anda ingin dipermalukan oleh calon pembeli.

grafik harga mobil bekas
Grafik Harga Mobil Bekas, Sumber: Tribun Solo
grafik harga truk bekas
Grafik Harga Truk Bekas, Sumber: Gintong

Karena, setiap masing-masing daerah di Indonesia memiliki harga pasar yang berbeda untuk dua tipe kendaraan ini. Misalnya, harga truk Hino bekas di Jakarta 150juta Rupiah. Sedangkan, di Surabaya harga truk bekas tersebut bisa mencapai 200juta Rupiah.

4. Pasang Harga Mobil dan Truk Bekas Anda yang Realistis dan Buatlah Pembeli Merasa Menang

Ingin menjual mobil dan truk dengan harga tinggi bukan berarti Anda harus mematok harga jual setinggi-tingginya, misalnya 40% melebihi harga pasar. Yang ada justru kendaraan Anda tidak akan laku karena masalah harga tersebut.

Oleh sebab itu, patoklah harga jual yang masih realistis, misalnya 20% dari harga jual di pasaran. Kemudian, lakukanlah negosiasi yang memungkinkan calon pembeli akan merasa berada di posisi yang menang karena berhasil menawar kendaraan Anda 5% lebih murah. Padahal, Anda telah berhasil menjual 15% lebih mahal dari harga pasar. Ini sama sekali bukan tentang teknik menipu calon pembeli, melainkan teknik penawaran harga.

5. Kumpulkan Bukti/Kwitansi Perawatan Mobil dan Truk Milik Anda

Satu hal yang cukup berpengaruh pada tingkat kepercayaan calon pembeli kendaraan Anda adalah dengan cara menunjukkan kumpulan bukti bahwa Anda benar-benar merawat kendaraan tersebut dengan baik, entah itu tiap bulan atau 2 bulan sekali.

Kumpulan buktinya sudah hilang? Jangan khawatir, Anda bisa kembali lagi ke dealer atau bengkel tempat Anda biasa merawat kendaraan Anda, mintalah rekapan perawatan kendaraan Anda disana.

6. Jujur dalam Cara Menjual Mobil dan Truk

Jujur adalah suatu hal yang tidak kalah pentingnya dari yang lain. Tanpa dilandaskan dengan cara penyampaian yang jujur, calon pembeli akan sangat merasa kecewa kepada Anda.

Bahkan, akan menjadi gangguan dalam hidup Anda jika ternyata suatu waktu pembeli tersebut kembali lagi kepada Anda dan meminta pertanggung jawaban terhadap apa yang telah Anda sampaikan tidak sesuai dengan kenyataan. Oleh sebab itu, tetaplah jujur meskipun kondisi kendaraan dalam keadaan yang kurang baik.

7. Cara Penjualan Mobil dan Truk yang Menarik

Bungkuslah penjualan kendaraan Anda dengan iklan yang paling menarik, entah itu dijual secara offline ataupun online di dalam forum komunitas pecinta kendaraan tipe yang akan Anda jual.

Butuh Konsultasi?

Baik offline ataupun online, cara menjual mobil dan truk memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Jika Anda tidak peduli dengan tampilan iklan yang menarik, bisa jadi harga kendaraan yang akan Anda jual akan jatuh. Konsultasikan bersama kami bagaimana cara menjual mobil dan truk dengan cepat dan harga yang tinggi melalui email cs@kargo.co.id.

Jasa Logistik Online

Susah mencari jasa pindahan, sewa truk, kirim motor atau kirim barang ukuran besar?

Anda dapat mencari di www.kargo.co.id:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *