Tips Jual Truk Bekas yang Menguntungkan (2021)

22/06/2021

Menjual truk bekas dan menggantinya dengan yang baru merupakan salah satu strategi yang bagus untuk pemilik truk agar menunjangnya proses pengiriman barang. Mobil dan truk bagi perusahaan logistik adalah aset yang sangat menguntungkan dan perlu dijaga perawatannya.

Jika salah satu jenis truk sudah nganggur dan bukan merupakan keperluan yang sangat penting lagi, pemangkasan atau pergantian armada adalah salah satu solusi terbaik untuk mendapatkan pendapatan tambahan, apalagi jika pemilik truk ingin mengganti armada dengan yang baru dan membutuhkan dana tambahan.

Untuk saat inipun sudah banyak merek dan jenis truk keluaran tahun baru yang menggiurkan dan dicari oleh pelanggan dan perusahaan. Tentu melihat hal ini, menjual truk lama dan mengganti dengan truk baru salah satu solusi yang baik untuk dilakukan. Mulai dari truk Hino, Mitsubishi, hingga merek premium Mercedes Benz mengeluarkan varian baru dari beberapa jenis truk. 

Nah, agar pada saat membeli truk tidak terlalu kesulitan, ada beberapa cara untuk menjual truk bekas yang menguntungkan dan tidak jauh dari harga belinya. Berikut ini tips dan cara jual truk yang menguntungkan untuk pemilik truk untuk keberlangsungan bisnis logistik.

Tips Jual Truk Bekas yang Menguntungkan

Untuk menjual truk bekas dan mendapatkan profit yang menguntungkan tentu tidak bisa asal jual saja. Ada beberapa cara yang mudah dan membutuhkan sedikit modal agar truk dapat terjual sesuai dengan keinginan, bagaimana caranya? Berikut tipsnya.

1. Pastikan Harga Pasar Kompetitif

Sebelum menjual truk bekas pastikan kamu memeriksa harga pasar yang berlaku untuk truk yang miliki. Sehubungan dengan imbas Covid-19, ada kemungkinan besar transporter lainnya juga berpikiran sama untuk menjual truk mereka sehingga mengakibatkan harga truk bekas memiliki harga yang turun. 

Baca Juga: Truk Balen : Info Muatan Balen Dari Kargo Untuk Pulang

Sebagai referensi, harga mobil bekas lainnya mengalami penurunan sekitar 10 sampai 20 persen. Pengecekan harga ini dapat dilakukan online dengan melihat harga truk yang mempunyai tahun, model dengan kilometer yang sama di situs seperti carmudi atau OLX. Apabila harga di pasar sangat rendah, tentu akan lebih baik untuk menunggu sambil pelan-pelan memperbaiki truk untuk menndapatkan laba yang tinggi.

3. Cek Kelengkapan Dokumen

Mengumpulkan semua dokumen kendaraan yang terkait itu sangat penting karena ini dapat memastikan transaksi jual beli kamu dapat berjalan lancar. Berikut adalah dokumen yang perlu dikumpulkan sebelum menjual truk bekas:

– BKPB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) 

BPKB adalah buku yang menyatakan kepemilikan kendaraan bermotor secara sah. Pastikan BKPB kamu sudah benar karena informasi kendaraan yang tidak sesuai akan mengurangi peluang kamu dalam menjual truk bekas.

– STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan Lembar Pajak

STNK adalah salah satu bukti yang menyatakan kepemilikan kendaraan bermotor seperti BKPB. Selain itu, tanggal kadaluarsa di lembar pajak juga sangat penting dan bisa dijadikan salah satu bahan negosiasi dengan pembeli.

Baca Juga: Tips Memaksimalkan Muatan di Dalam Truk

– Faktur 

Faktur adalah sebuah surat yang berisi data terkait kendaraan dan sangat penting dalam menjual truk bekas karena surat ini menunjukkan legalitas kendaraan kamu. Jika kamu tidak mempunyai faktur, kebanyakan showroom tidak akan tertarik untuk melakukan transaksi pembelian truk bekas, sehingga ini akan mengurangi kesempatan kamu dalam menjual truk

– Kwitansi Kosong

Pembeli biasanya akan meminta kwitansi kosong karena ini akan mempermudah proses balik nama. Selain itu, kwitansi kosong juga akan berguna ketika pembeli ingin menjual truk bekas ke pihak lain. Ada dua kwitansi kosong yang harus disiapkan yaitu kwitansi yang ditandatangani oleh pemilik kendaraan terakhir yang sesuai dengan BPKB dan kwitansi dengan materai yang ditandatangani oleh pemilik kendaraan yang sesuai dengan BPKB 

– Fotocopy KTP

Fotocopy KTP adalah dokumen terakhir yang diperlukan untuk membuktikan kepemilikan kendaraan. Fotocopy KTP yang dibutuhkan adalah fotocopy KTP pemilik terakhir kendaraan yang tertera di BPKB.

3. Pastikan Kondisi Truk dalam Keadaan Prima

Setelah melihat harga pasar dan kelengkapan dokumen, saatnya melakukan pengecekan secara mandiri, apa saja yang kurang pada mobil truk kamu. Periksa secara menyeluruh mulai dari interior hingga exterior, tujuannya adalah agar kamu dapat melakukan perawatan ulang guna mendapatkan hasil jual yang maksimal.

4. Lakukan Perawatan Ulang Sebelum Dijual

Dalam menjual truk bekas, kamu harus memastikan truk kamu tampil lebih baik dibandingkan truk lainnya dengan cara memperbaiki sparepart yang sudah rusak dan melakukan perawatan agar meningkatkan performa mesin. Salah satu hal kecil yang penting untuk diperhatikan adalah kondisi ban truk, kerangka mesin truk, performa mesin, dan hal minor lainnya seperti cat dan kebersihan.

Baca Juga: Cara Baru Cari Muatan Online dan Menjadi Pemenang di Kargo?

Jika truk berhasil dirawat dengan baik tanpa adanya kerusakan besar yang berarti, tentu saja pembeli truk akan berani menghargai truk tersebut dengan harga sesuai dengan yang kamu minta. Penting juga untuk memberikan service history yang kamu lakukan dan beserta harganya sebagai bukti perawatan truk.

5. Pasang Harga Mobil Truk kamu dengan Harga yang Realistis

Harga realistis bisa didapatkan setelah kamu melakukan servis guna menunjang performa mesin dan juga setelah melihat pasar yang dapat dilihat pada e commerce penjualan. Jangan pernah mematok harga setinggi-tingginya karena mobil truk bukanlah armada spesial seperti layaknya mobil yang memiliki kelangkaan dan model yang digemari banyak orang. Patoklah harga jual yang realistis misalnya mengambil keuntungan 5% hingga 10%.

6. Gunakan Kekuatan Sosial Media

Jika kamu memiliki sosial media, maka cara digital adalah cara yang paling ampuh mendatangkan pelanggan secara instan dan cepat. Posting jualan kamu di beberapa platform instagram dan jangan lupa juga untuk masuk ke marketplace penjualan auto seperti Carmudi, OLX, ataupun grup komunitas Facebook. Dijamin, dengan cara ini tentu akan ada banyak pertanyaan dan juga penawaran terhadap truk yang ingin dijual.

7. Tawarkan ke Orang Terdekat atau Rekan Bisnis

Semakin banyak relasi bisnis yang dimiliki, tentu akan menguntungkan satu sama lain. Salah satu manfaat yang menguntungkan adalah dengan melakukan jual beli kepada orang terdekat dan rekan bisnis. Biasanya orang terdekat dan rekan bisnis juga akan lebih percaya dan lebih menghargai jika melakukan penjualan atau bisnis lainnya, karena mereka mengenal dan mengetahui track record kamu.

Baca Juga: Cara Daftar Menjadi Mitra Kargo (Langkah Lengkap Bergabung)

8. Jujur

Kunci yang terakhir adalah jujur dalam menjual truk dan informatif jika ada kekurangan pada truk yang akan dijual. Dengan begini penjual akan lebih menghargai dan percaya terhadap apa yang kamu jual. Semakin banyak hal informatif lainnya yang kamu infokan ke calon pembeli, tentu semakin besar peluang calon tersebut akan membeli truk bekas yang sudah kamu persiapkan.

Berikut tadi adalah tips jual truk menguntungkan yang dapat kamu aplikasikan. Jika semua list dapat kamu jalankan, tentu saja harga jual truk akan sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Jangan lupa untuk ikhtiar dan jujur dalam melakukan pengiriman, agar hasil yang dipetik kemudian hari juga akan memberikan keuntungan dan manfaat bagi transporter.

Bergabung Menjadi Mitra Kargo Agar Mendapatkan Banyak Muatan yang Menguntungkan

Armada pengiriman berfungsi sebagai alat transportasi pengiriman dengan kapasitas muatan besar. Tentu sebuah truk butuh perawatan, supir perlu digaji dan masih banyak lagi untuk menunjang cash flow jasa logistik. Perlunya muatan rutin, muatan balen, dan muatan sekali jalan adalah pendapatan utama yang dicari oleh sejumlah jasa sewa truk. Untuk saat ini mendapatkan muatan begitu sulit, karena para pemilik truk sendiri mencari muatan dengan cara yang konvensional.

Kargo merupakan solusi bagi pebisnis truk dan driver agar mudah dalam menemukan muatan setiap harinya. Dengan menggunakan teknologi kamu hanya perlu menunggu sebentar sampai adanya permintaan pengiriman. Mulai dari pengiriman harian, pengiriman rutin dan juga balen akan kami sediakan untuk menunjang kerjasama yang baik antara mitra Kargo dan Kargo sendiri. Setiap harinya kami memiliki ratusan permintaan pengiriman antar kota, dan juga kami membutuhkan vendor truk lainnya dalam rangka bekerjasama untuk mengirimkan muatan rutin oleh beberapa perusahaan jasa.

Cara bergabungnya sangat mudah, yaitu dengan download aplikasi Kargo vendor di apps store atau hubungi via WhatsApp untuk pendaftarannya. Setelah mendaftar dan mengisi biografi vendor, kamu hanya perlu menunggu sebentar akan permintaan pengiriman barang yang menguntungkan. Tidak lupa kami akan memberikan harga yang transparan dan juga ramah kepada mitra vendor kami. Yuk, temukan muatan bersama Kargo dan jadikan bisnis sewa truk kamu tambah berkembang dengan aplikasi Kargo vendor.

Tertarik? Mulai cari muatan dengan Kargo sekarang

[INSERT_ELEMENTOR id="14324"]